bahasin

Jumat, 28 Februari 2014

Kepemimpinan islami, mewujudkan masyarakat madani

Bahasin kepemimpinan yang islami dapat mewujudkan masyarakat yang madani pada setiap permasalahan. Kenapa harus memilih kepemimpinan yang islami? Karena pemimpin yang islami lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan sebuah kejahatan dalam menjalankan amanatnya menjadi wakil rakyat. Apakah bisa dipastikan pemimpin yang islami tidak akan melakukan kejahatan sekecil apapun? Ya, karena dalam sosok peminpin yang islami terdapat hati nurani suci dan bersih dalam menjalankan tugasnya demi kepentingan rakyat dan kepentingan bersama. Lantas apa yang menjadikan pemimpin-pemimpin yang islami melakukan kejahatan pada saat menjalankan tugasnya? Tidak lebih semuanya karena gangguan setan yang terkutuk, disinilah peran pemimpin islami yang benar-benar ikhlas menjalankan tugasnya demi mewujudkan masyarakat yang madani.

pemimpin islami
Apa sih artinya masyarakat yang madani? Masyarakat yang madani artinya adalah masyarakat yang mandiri dan memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk kepentingan bersama dalam lingkungan sekitarnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat Indonesia terkesan acuh tak acuh pada tetangganya ataupun pada saudaranya sendiri. Hal ini dikarenakan oleh besarnya sifat sombong yang ada pada masyarakat Indonesia, merasa dirinya sudah hebat dan tidak membutuhkan pertolongan siapapun termasuk saudaranya sendiri. Hal ini membuat hancurnya jiwa sosial yang ada pada masyarakat Indonesia, karena tidak mungkin seorang manusia tidak membutuhkan orang lain pada kehidupannya sehari-hari.

Sangat tidak mungkin seorang manusia dapat hidup sendirian di dunia ini, bagaimanapun kondisinya seorang manusia membutuhkan bantuan dari orang lain walaupun anda menghargainya dengan memberikan uang sebagai pengganti pertolongannya. Semuanya tidak dapat dinilai dengan uang begitu saja, bagaimana jika kelak anda mati dan tidak ada yang mau mengangkat jasad anda ke liang kubur? Dapatkah anda masuk ke liang kubur dengan sendirinya? Hal inilah yang harus kita ingat sebagai masyarakat Indonesia yang madani untuk mewujudkan keharmonisan hidup dalam berkeluargan maupun bertetangga. Kita harus mandiri tapi bukan berarti kita tidak memerlukan pertolongan orang lain, karena mau bagaimanapun kita pasti membutuhkan orang lain dalam kehidupannya masing-masing.

masyarakat madani
Disinilah letaknya diperlukan kepemimpinan yang islami untuk mewujudkan masyarakat yang madani. Sebagai pemimpin yang islami patut memberi contoh yang islami dalam kehidupannya sehari-hari agar dapat menjadi contoh perilaku masyarakatnya dalam menjalankan kehidupannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa yang islami adalah yang terbaik di dunia ini, hal ini diakui oleh berbagai pihak di dunia manapun. Banyaknya yang terjadi sesuai yang tertulis pada kitab suci Al-Quran yang menjadi pedoman hidup manusia islami. Terdapat berbagai pengetahuan mengenai seluk beluk kehidupan di dunia yang terkandung di dalam kitab suci Al-Quran, disinilah letaknya dibutuhkan pemimpin islami dalam mewujudkan masyarakat madani.

Semuanya tidak lepas dari kekuatan pemimpin yang islami dari godaan setan yang terkutuk, tidak sedikit pemimpin-pemimpin islami kita yang tergoda oleh bujuk rayuan setan yang terkutuk yang akhirnya tidak dapat memegang amanat rakyat pada saat menjalankan tugasnya. Bukan hanya diperlukan pemimpin yang islami saja, melainkan dibutuhkan pemimpin yang kuat dalam menjalankan tugasnya dari godaan setan yang terkutuk. Kita harus benar-benar memilih pemimpin islami yang tidak hanya menggunakan nama islam sebagai topeng untuk mendapatkan kepercayaan dari rakyatnya. Diperlukan verifikasi pemimpin islami yang benar-benar memegang teguh amanat rakyat dan menjalan tugasnya secara islami agar terwujudnya masyarakat yang madani. Insya Allah akan terwujud masyarakat yang madani di berbagai pelosok negeri ini.

power bank mengatakan...

Subhanallah, artikel yang sangat bermanfaat...

sebelumnya selanjutnya home